• Kapolda Jawa Barat

    Irjen Pol Drs Moechgiyarto SH,M.Hum.

    INSPEKTUR JENDERAL POLISI

  • Layanan Informasi


  • Photobucket Photobucket Photobucket
  • Anda Pengunjung Ke

    • 172,722 Orang
  • MADING SI GARDA

    Si Garda

    Seputar Informasi LingGAR LoDAya

  • Siraman Rohani

  • Kategori

  • Arsip

  • Meta

  • page counter online
  • Powered by FeedBurner Bookmark and Share AddThis Feed Button Military Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Kapolda Minta Masyarakat Laporkan Polisi Nakal

z-20081120333333

BANDUNG – Kapolda Jabar, Irjen Pol. Timur Pradopo meminta masyarakat tidak ragu-ragu melaporkan anggota polisi yang melakukan tindakan kriminal ataupun merugikan. Untuk itu, Polda Jabar menyediakan layanan short message service (SMS) nomor 9123.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda saat berkunjung ke Kantor Redaksi Harian Umum Galamedia, Jln. Sekelimus Barat Bandung, Rabu (19/11) sekitar pukul 13.00 WIB. Pada kesempatan itu, Kapolda didampingi Kabid Humas, Kombes Pol. Dade Achmad, Direktur Reserse Kriminal, Kombes Pol. Ari Dono, Direktur Intel, Kombes Pol. Joko Mukti Hariyono, Ka. Spripim, AKBP Dian Nalan, dan Kapolresta Bandung Timur, AKBP Martinus Sitompul.

Rombongan diterima Direktur PT Galamedia Bandung Perkasa (GBP), H.M. Ridlo ‘Eisy, Pemimpin Redaksi, H. Untung M. Rizal, Wakil Pemimpin Redaksi, Boedi Azwar, Manajer Pemasaran, H. Hilman Djajadiredja, dan jajaran redaksi HU Galamedia.

Dalam dialog, Kapolda meminta kritikan terhadap kinerja anggotanya di lapangan, baik dari masyarakat maupun media. “Soalnya kalau tidak ada kritikan, saya tidak akan mengetahui kinerja anggota di lapangan. Hal tersebut sangat bagus untuk memajukan Polri ke arah yang lebih baik,” katanya.

Tanpa ada dukungan dari media, tambahnya, pihak kepolisian tidak bisa berbuat banyak untuk menjalankan fungsinya. “Karena, media merupakan alat kontrol sosial, untuk menyampaikan pesan dari polisi kepada masyarakat. Kalau tidak ada media, bagaimana jadinya?” kata Timur.

Terkait program kerja, Timur menyatakan, ia akan melanjutkan program kapolda sebelumnya. Terutama untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap kinerja polisi yang menjadi program Kapolri hingga tahun 2010.

Ia pun menyatakan keseriusannya dalam memberantas premanisme di wilayah Polda Jabar. Dikatakannya, pemberantasan premanisme lebih ditujukan kepada tindakan yang melanggar hukum di jalan, seperti pemalakan, penjambretan, copet, dan lain sebagainya. “Terutama yang mengganggu kenyamanan dan keamanan masyarakat. Dan jika masyarakat masih menemukan hal-hal yang bersifat tindak pidana agar segera melaporkan ke kantor polisi terdekat atau tinggal SMS ke line yang telah tersedia. Kami pun berharap ada peran serta dari masyarakat untuk menjaga kamtibmas menjadi lebih kondusif di wilayah Jabar, khususnya di Kota Bandung,” kata Timur.

Pada kesempatan itu, Direktur PT GBP, H.M. Ridlo ‘Eisy menyambut positif kinerja kepolisian saat ini. Dengan kepemimpinan Irjen Pol. Timur Pradopo di Polda Jabar, ia berharap Jabar bisa lebih kondusif. “Bahkan saya setuju dengan pernyataan Kapolda yang ada di HU Galamedia untuk menembak di tempat para pelaku tindak kriminal, terutama pelaku perampokan dan curanmor. Dengan begitu, para pelaku takut untuk berbuat kriminal,” kata Ridlo.

6 Tanggapan

  1. Hebat euy….. Polres Kuningan………………………….
    Kayanya Polres Pertama yang punya website dan penuh berita yang ga basi……………
    Polres Kuningan menulis kegiatan-kegiatan yang berada di Polres…… bisa tuh dijadikan contoh untuk Polres-Polres yang lainnya………………………… Se X lagi Hebat lah………………..

  2. Segala puji bagi Allah … Jazakallah

  3. pak saya karyawan restoran di bandung, setiap kali ada seorang intel selalu minta jatah makan, padahal kami sendiri tidak berani makan gratis, bahkan jika tak diberi intel tersebut mengancam segala macam …. akhirnya mau tidak mau kami membelinya untuk diberikan kepada intel tsb. pertanyaan saya adalah apakah intel tidak digaji… karena klo beliau digaji kenapa harus minta ke orang kecil.. kami hanya penunggu dagangan orang, bukan pemilik restoran. karena pemilik jika dagangan hilang kami harus ganti. sementara intel tsb tidak tahu menahu sistem adm. jadi ya pake uang belanja keluarga kami …bahkan intel2 tsb sering datang dgn bawa rekan 3-5 orang apa ga bangkrut saya….. saya ini punya tanggungan anak 2 mau sekolah….,tolong pak tertibkan…

  4. Dalam memberikan laporan harusnya Bapak lebih jelas ;
    Intel nya dari kesatuan mana Polres Kuningan atau Bandung ? namanya siapa ?
    Saran untuk Bapak Roni :
    1. Bapak harus lebih hati-hati karena banyak modus kejahatan dengan mengatasnamakan kesatuan Polri (Intel/Reskrim dsb)
    2. Tanya Identitasnya (KTA :Kartu Tanda Anggota)
    3. Kalau yang bersangkutan tidak mau memberikan identitas, bapak jangan ladeni bisa jadi mereka Polisi Gadungan
    4. Bapak melaporkan ke P3D / Provos Polres yang ada di wilayah Bapak. Polri sekarang dlm pembenahan internal, setiap ada anggota yg merusak nama baik Polri maka akan di proses.
    5. Bapak minta nomor telephon Piket Siaga SPK dan P3D/Provos, bila mana ada yg mengaku-ngaku anggota/intel lagi maka Bapak segera hubungi Provos, karena tidak ada satu alasanpun yg membenarkan anggota meminta-minta kpd masyarakat apalagi makanan, itu sangat memalukan dan setiap anggota Polri selain sudah mendapat Gaji, anggota Polri juga sudah diberi ULP (Uang Lauk Pauk)
    6. jangan pernah membiarkan setiap tindakan tidak terpuji/kriminal bebas beraksi, mereka akan semakin berani utk minta sesuatu yg lebih lagi.

  5. terima kasih pak atas tanggapannya…

  6. Pak, temen saya pada tanggal 15 juni jam 1 subuh. Di daerah TA, dekat Apartemen podomoro. Dicegat 2 orang polisi bermobil dan berniat menilang temen saya, satu melakukan pembicaraan dengan temen saya, dan polisi yang satu lagi memasuki mobil dengan alasan mengecek narkoba. Setelah pengecekan STNK dan SIM selesai. Polisi yang mengecek mobil temen saya jalan balek ke mobil patrol. Temen saya jg balek ke mobil dan sadar bahwa hp bb nya hilang di ambil pergi oleh polisi tsbt. Dalam keadaan di atas polisi nya sudah pergi, dan keadaan sangat gelap. Sehingga temen saya tidak sempat melihat plat no polisi yang telah mengambil hp temen saya. Saya mohon ditindak, saya merasa dengan terjadinya kejadian ini. Masyarakat akan resah, kehilangan kepercayaan terhadap sistem keamanan negara ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: